Yuk Mengenal 4 Posisi Pemain Bola Voli Dan Tugasnya

Permainan voli adalah olahraga yang dilakukan dengan tim beranggotakan 6 orang. Olahraga ini ditandingkan oleh dua grup pemain yang dipisahkan oleh net, yang kemudian tiap tim akan saling menyerang untuk mendapatkan poin. Dalam permainannya, masing – masing anggota punya tugas dan posisinya sendiri. Posisi pemain bola voli ini terdiri dari 4 posisi dengan teknik, tempat, dan tanggung jawab berbeda. Berikut informasi sepenuhnya.

Inilah 4 Posisi Pemain Dalam Olahraga Voli Yang Perlu Anda Ketahui
1. Posisi Tosser Atau Set-Upper (Pengumpan)
Pemain yang berada di posisi ini adalah mereka yang bertugas mengatur serangan dalam tim. Setiap serangan tim harus dan akan melewati tosser untuk diumpankan pada spiker atau smasher. Biasanya pemain ini akan berada dekat dengan net dan merancang serangan dengan cepat. Seperti namanya, set-upper dituntut mempunyai kecerdasan dalam memberi umpan yang berkualitas dan juga bervariasi. Sehingga bisa mengecoh pertahanan lawan.

Berada di posisi paling depan atau dekat dengan net, seorang set-upper juga harus punya skill blocking yang cukup baik. Meski sejatinya bukan seorang defender, namun tidak jarang posisi pemain bola voli ini akan turut andil mencegah bola lawan melewati net. Selain umpan, tosser juga haru kuasai beberapa teknik blocking seperti block bola terbuka, block bola semi, dab juga block bola quick untuk pertahanan.

2. Posisi Spiker Atau Smasher (Penyerang)
Pemain pada posisi ini dituntut untuk bersinergi dengan tosser agar hasilkan serangan yang baik. Tugas utamanya adalah untuk melakukan serangan ke dalam arena musuh untuk mendapat poin. Smash sendiri berarti memukul bola sekeras – kerasnya sehingga bergerak cepat dan tidak bisa dihadang lawan. Layaknya seorang tosser, spiker atau smasher berada di lini depan tepatnya di depan net dan di sisi kiri atau kanan tosser.

Pemain yang berada di posisi ini punya peran ganda sebagai penyerang dan juga pertahanan. Seperti setter, karena kerap berada di bagian depan maka mereka juga harus melakukan blocking untuk menghalau bola lawan. Posisi pemain bola voli yang satu ini pastinya harus kuasai berbagai macam jenis serangan. Seperti contohnya adalah quick smash, open smash, smash semi, dummy smash, straight, drive, dll.

3. Posisi Server    
Selain dua posisi di atas, server adalah pemain yang akan awali sebuah permainan. Tugasnya adalah melakukan servis ke dalam lapangan tepatnya ke area lawan. Ada dua macam jenis servis yang sering digunakan. Servis atas dimana bola dilambungkan di atas kepala kemudian dipukul sebelum melewati kepala. Servis bawah dimana bola dilambungkan lalu dipukul saat berada di bagian bawah pusar. Setelah melakukan servis, server akan bertugas sebagai defender / libero.

4. Posisi Libero Atau Defender
Pada permainan voli, posisi yang satu ini tidak bisa dilupakan. Libero atau defender punya tugas untuk menahan dan menerima serangan musuh. Seorang defender juga harus terima bola pertama dan berikan pada pemain bola voli tosser. Sebagai pertahanan, libero dituntut untuk kuasai skill passing atas atau bawah dan juga pintar dalam membaca arah bola. Pemain ini tidak boleh ikut lakukan blocking atau smash, tapi bebas keluar masuk lapangan.

Meskipun setiap pemain punya tanggung jawab, teknik, dan posisi yang berbeda, permainan ini adalah olahraga tim. Hal ini menjelaskan betapa pentingnya kerja sama tim untuk meraih kemenangan. Akan ada yang namanya rotasi pemain yang berjalan searah jarum jam saat tim mendapatkan servis. Setiap anggota dituntut tidak hanya berfokus pada salah tugas saja, namun juga saling membantu untuk mendapatkan poin dan menghindari kesalahan.