Resep Rendang Ayam Gurih dan Lezat

Rendang adalah makanan khas Indonesia yang berasal dari Sumatra Barat. Makanan ini sudah terkenal kelezatannya di seluruh dunia, bahkan menjadi makanan terenak nomer satu di dunia. Jenis rendang sendiri bermacam-macam, tergantung jenis daging yang digunakan. Ada rendang sapi, rendang ayam dan rendang kambing. Untuk resep rendang dengan berbagai jenis daging tersebut sebenarnya sama. Hanya waktu yang dibutuhkan untuk memasaknya saja yang berbeda. Ini karena serat dalam setiap jenis daging berbeda, sehingga memerlukan waktu yang berbeda pula untuk memasaknya menjadi empuk. Untuk anda yang ingin membuat rendang ayam sendiri di rumah, anda bisa mempelajari resp rendang ayam berikut :

1. Bahan
- 1 ekor ayam .

2. Bumbu yang dihaluskan
- 10 siung bawang merah.
- 7 siung bawang putih.
- 15 buah cabe merah.
- 5 buah cabe rawit.

3. Bumbu lain
- 4 lembar daun salam.
- 1 cm lengkuas.
- 5 buah sereh.
- 1 butir kelapa.
- 200 cc santan.
- Garam halus secukupnya.
- 1 sendok teh merica bubuk.
- 1 sendok teh vitsin.
- 1 sendok teh gula merah.
- 1 sendok teh ketumbar bubuk.

4. Cara memasak
- Potong ayam menjadi beberapa bagian kecil sesuai selera, lalu bersihkan dengan air mengalir.
- Haluskan bumbu yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, cabe rawit dan cabe besar.
- Tumis bumbu menggunakan sedikit minyak kelapa. Tunggu hingga tercium harumnya.
- Masukkan sereh, lengkuas, daun salam dan sedikit air.
- Setelah mendidih masukkan potongan ayam yang sudah bersih.
- Masukkan kembali air dan tutup ayam dengan rapat.
- Setelah ayam setengah matang, masukkan santan.
- Aduk secara berkala agar santan tidak pecah. Tunggu hingga santan asat atau habis.
- Angkat dan sajikan rendang ayam.

Hal yang perlu diperhatikan dalam resep rendang ayam di atas adalah penggunaan api kecil saat sudah memasukkan santan ke dalam ayam. Karena dengan api kecil santan akan meresap ke dalam ayam dengan sempurna. Selain itu rasa gurih santan juga akan lebih berasa. Kemudian waktu yang dibutuhkan untuk memasak rendang ayam juga cukup lama, agar ayam benar-benar empuk. Saat memasak juga harus ditutup rapat agar uapnya tidak pergi. Anda juga disarankan tidak menggunakan minyak kelapa yang digunakan untuk menumis bumbu secara berlebih, karena nantinya santan akan menghasilkan minyak yang banyak.

Rendang ayam akan cocok jika disajikan dengan nasi putih hangat. Selain itu anda juga bisa memadukan dengan sayur yang direbus saja tanpa dimasak. Untuk minuman yang cocok adalah es jeruk, karena kandungan lemak yang banyak dalam rendang ayam dapat dinetralisir dengan vitamin C yang banyak terkandung dalam es jeruk.

Untuk anda yang suka berkreasi bisa mengkreasikan resep rendang ayam di atas dengan menambah bahan lain. Anda juga bisa menambah jumlah cabe pada resep rendang ayam di atas bagi anda yang menyukai pedas.

Semoga resep rendang ayam di atas dapat menambah pengetahuan anda dan membantu anda untuk membuat rendang ayam ini sendiri di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil.